jump to navigation

NYEBRANG YUK, NGA AH … TAKUT MOTOR … Juli 28, 2009

Posted by Sonny Gunawan in NLP.
trackback

nlpPagi ini saya sangat bersyukur karena mendapat kesempatan membantu seorang rekan yang mengalami trauma dengan motor saat menyeberang jalan.

Trauma ini sendiri terjadi sekitar 2-3 hari yang lalu saat teman menyeberang jalan didepan kantor, teman menyeberang melalui “zebra cross” tempat yang khusus disediakan bagi para penyeberang jalan, dimana setiap pengemudi kendaraan bijaksana tentu mengetahui untuk mendahulukan penyeberang jalan dan mengurangi kecepatan saat melewati “zebra cross”, intinya teman telah mematuhi prosedur yang benar sebagai seorang penyeberang jalan. Sambil melakukan prosedur menyeberang dan melihat kondisi jalan sampai dirasa aman untuk mulai menyeberang maka mulailah teman menyeberang, ketika sampai ditengah perjalanan menyeberang tersebutlah terjadi peristiwa yang membuatnya sangat ketakutan karena tiba-tiba muncullah motor nan gesit, dengan kecepatan tinggi, malas menginjak rem, dan senang berakrobat terlihat panik, oleng kiri-kanan, beruntung ketakutan yang amat sangat sang teman mampu menyelamatkannya dari terjangan motor plus pengendaranya yang terobsesi Valentine Rossi  karena saking  takutnya dia tidak mampu melakukan sesuatu apapun selain berdiri mematung di tengah jalan sehingga Valentino Rossi gadungan lebih mudah bermanuver.

Teman memang telah melewati dan terhindar dari peristiwa tertabrak motor saat menyeberang tetapi kejadian tersebut karena mengandung content emosi yang ekstrem maka langsung masuk ke pikiran bawah sadar dia sehingga membuatnya terus teringat dengan kejadian tersebut yang membuatnya gemetaran dan keringat dingin setiap kali akan menyeberang kembali di jalan yang sama, padahal setiap hari untuk mencapai kantor teman harus melewati jalan tersebut. Teman merasakan hal ini sangat menggangunya, sehingga semalam dia putuskan untuk menelpon saya dan meminta bantuan untuk menghilangkan rasa takutnya tersebut, saya menyanggupinya dan memintanya agar pagi-pagi dia datang ke rumah supaya kita bisa berangkat kerja bersamaan.

Akhirnya, jadilah pagi ini kami berangkat kerja bersamaan. Ketika melewati tol kebon jeruk yang selalu padat, saya mulai menjalankan aksi membantu teman:

Saya minta teman rileks, santai dan mulai mengingat kembali serta membayangkan (motor yang bergerak dengan kecepatan tinggi, oleng kiri-kanan, pengemudinya yang panik), dan mendengarkan suara-suara yang timbul (suara gesekan roda dengan aspal karena rem mendadak, teriakan orang-orang di sekitar yang ikut kaget), dan merasakan (udara dan suasananya, degupan jantung)   kejadian saat dia menyeberang jalan dan akan terlanggar oleh motor serta membuatnya sangat ketakutan hingga saat ini, saya tanyakan tingkat ketakutannya dari 1-10 berada dimana? Dan dijawab ada di 8, bagus … artinya kita punya angka yang signifikan untuk mengurangi rasa takut bahkan menghilangkannya dengan sangat mudah.

Sekarang imaginasikan bahwa diri Anda SAAT INI, sedang MELIHAT diri Anda sendiri ketika beberapa hari yang lalu (DISASSOCIATE) menyeberang, rasakan bahwa gambaran saat Anda menyeberang tersebut mulai menjauh, memudar, makin lama mekin mengecil dan hanya berupa sebuah titik hitam, suara-suara yang tadinya terdengar jelas mulai meredup dan mengecil bahkan Anda tidak dapat mendengarnya sama sekali.

Sudah? … Dia mengangguk, kemudian saya katakan saya ambil titik hitam kecil tersebut dan membuat gerakan mengambil sesuatu di depan wajahnya serta mengatakan titik hitam kecil sudah berada di telapak tangan saya sebelah kanan, karena saya lihat wajahnya mulai terlihat tenang saya ANCHOR dengan menyentuh pahanya.

BREAK STATE: Tadi pagi bangun jam berapa? Sudah sarapan belum, kalau belum nanti bareng ya …

Selanjutnya, saya minta teman untuk meng-imajinasikan dan merasakan bahwa dia sebelumnya dapat menyeberang di tempat yang sama dengan sangat mudah, nyaman dan santai. Sekarang perbesar gambarannya dan tingkatkan rasa mudah dan gampang tersebut, saya lihat perubahan wajahnya yang semakin tenang, santai dan nyaman. Sayakan katakan: Bagus, terus perbesar gambarannya sehingga menjadi sehidup mungkin, tambahkan warna-warnanya dan buatlah gambaran yang ada terus bergerak-gerak; perbesar perasaan mudah, aman, tenang, dan nyaman sambil menyentuh pundaknya dan membuat ”SLIDING ANCHOR”.

Saya membuat gerakan mengambil sesuatu di depan wajahnya dengan tangan kiri dan mengatakan: Gambaran Anda menyeberang dengan mudah, tenang, aman, dan nyaman yang sangat besar sekarang ada ditangan kiri saya.

BREAK STATE: Jadi nanti sarapan dimana, mie ayam TIKI samping kantor sepertinya menggiurkan tuh …

Tangan kanan saya memegang apa? Titik hitam, keraguan perasaan taku menyeberang.

Tangan kiri saya? Gambaran dan perasaan besar saat menyeberang dengan aman, tenang dan mudah.

Bagus …, sekarang tangan kiri saya menimpa tangan kanan saya, apa yang terlihat? Hanya gambaran besar keyakinan: menyeberang itu aman, gampang dan sangat mudah.

Sekarang perhatikan tangan kanan saya yang telah berisi GAMBARAN dan PERASAAN yang SANGAT BESAR: MENYEBERANG itu AMAN, GAMPANG, dan SANGAT MUDAH bergerak dengan SANGAT-SANGAT CEPAT menuju Anda bergerak dengan kecepatan LUAR BIASA, masuk kepala Anda (sambil mengerakkan tangan kanan secara cepat ke wajah teman), saya melakukannya sebanyak 3 kali.

Saya: Gimana perasaannya sekarang?

Teman: Jauh lebih nyaman, dan ingin segera menyeberang.

Saya: Masa sih?, Yakin? (Menggoda mode)

Teman: Beneran …

Saya: Sabar ya …, sebentar lagi kamu memang harus turun dan melanjutkan perjalanan dengan menyeberang di tempat yang aman.

Teman akhirnya turun dekat ”zebra cross”  tempat yang memang harus dia lewati agar sampai kantornya, sambil mengucapkan terima kasih dan berjanji akan mentraktir mie ayam TIKI he … he.

Sebelum turun saya sentuh pundak kanannya dan mengatakan: MENYEBERANG itu SANGAT MUDAH, PASTInya SANGAT AMAN.

Segera setelah saya sampai kantor, saya telpon teman menanyakan hasilnya: di seberang terdengar jawaban teman yang sangat gembira dan bertanya … kog bisa ya …

Sebuah awal yang sangat baik untuk menyelesaikan hari ini dengan sangat mudah dan menyenangkan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar